Joan Jett


Joan Jett mempunyai nama lengkap Joan Marie Larkin,lahir pada tanggal 22 September 1958 di Wynnewood, Philadelphia, Pennsylvania. Joan Jett adalah seorang gitaris musik rock, pencipta lagu, produser, sekalilgus aktris berkebangsaan Amerika. Dia mengganti namanya menjadi Jett setelah kedua orangtuanya resmi bercerai. Nama Jett ia ambil dari nama ibunya.

Wanita yang mengidolakan Suzi Quatro ini mendapatkan gitar pertamanya dari sang ayah sebagai hadiah natal ketika ia berusia 13 tahun.

Joan Jett mengawali karir bermusik dengan membentuk sebuah grup band bernama The Runaways bersama Sandy West, Micki Steele, Jackie Fox, Lita Ford, dan Cherie Currie. Setelah memiliki sejumlah album, The Runaways melakukan tour ke berbagai negara. The Runaways bubar di tahun 1979.

Lalu,Joan Jett kembali ke Los Angeles,dan kemudian dia bertemu dengan Kenny Laguna,yakni seorang produser, dan akhirnya ia merilis album solo perdananya di Eropa pada 17 Mei 1980. Ketika berada di Amerika Serikat, albumnya sempat ditolak oleh 23 perusahaan rekaman, sampai pada akhirnya ia dan Laguna merilisnya di perusahaan rekaman baru milik mereka sendiri, Blackheart Records.

Kemudian terbentuklah band Joan Jett and the Blackhearts,dengan manggabungkan beberapa personile lain seperti John Doe, Gary Ryan, Top Jimmy, Eric Ambel, dan Danny. Karir mereka semakin menanjak, hingga Laguna kewalahan mengahadapi permintaan atas album mereka. Dia pun mengajak Neil Bogart untuk bekerjasama dengannya. Dan akhirnya Joan Jett & the Blackhearts terkenal dengan lagu mereka I Love Rock 'n' Roll.

Joan Jett mempunyai prestasi yang luar biasa,salah satunya adalah berhasil menelurkan 3 album Platinum bersertifikat atau Gold.Dan akhirnya media pun menjulukinya sebagai “Godmother of Punk” dan juga “Original Riot Grrrl”. Dia juga disebut sebagai "Queen of Rock 'n' Roll",Pada tahun 2010 Venus Zine's fitur "Queen of Rock",Joan Jett memenangkan pembaca pilihan hasil polling online di depan Stevie Nicks dan Ann Wilson.

Followers