Helloween


Helloween muncul di dunia musik berawal pada tahun 1978 ketika Kai Hansen dan Piet Sielck membentuk band bernama Gentry.Piet sielck dan Kai Hansen mengganti nama bandnya menjadi Second Hell pada tahun 1981 dan merekrut drumer baru Ingo Schwichtenberg beserta bassist baru Markus Grosskopf dari group Traumschiff.
Pada tahun 1982, Piet meninggalkan Second hell,Posisinya segera digantikan oleh Michael Weikath dari band Powerfool,lalu Second hell berganti nama menjadi Iron Fist.

Iron Fist akhirnya berubah namanya menjadi Helloween ketika mereka diundang Noise Record untuk bergabung dalam pembuatan album kompilasi death metal bersama Running WIld,Dark Avenger dan Hellhammer.Dalam album kompilasi ini,helloween membawakan dua lagu yaitu Metal Invaders dan Oernst Of life.

Ditahun tahun 1985,Helloween merilis mini album mereka yang berisi 5 buah lagu.Dan pada Oktober 1985,Helloween merilis full album perdananya yang berjudul Walls of Jericho,salah satu lagu dalam album ini adalah Metal Invaders.Pada saat tour di bulan

November 1986,Kai Hansen merasa kesulitan untuk bermain gitar sekaligus menjadi vokalis.Akhirnya setelah tour selesai,helloween mencari vokalis baru.Michael Kiske ex-III Prophecy,seorang pemuda berumur 18 tahun yang mempunyai karakter suara yang luar biasa direkrut Helloween untuk menjadi vokalis.Selanjutnya Helloween mulai menggarap album berikutnya.

Album Keeper of the Seven keys Part I akhirnya dirilis tahun 1987.Mereka pun melakukan tour pertamanya di Amerika bersama Grim reaper dan Armored Saint.Tahun berikutnya mereka merilis bagian kedua dari double albumnya yaitu Keeper Of The Seven keys Part II yang lebih sukses dari pada sekuel pertamanya.Mereka pun mengadakan tour keliling Eropa 'Pumkins Fly Free Tour', mereka juga tampil dalam festival Donnington MonsterOf Rock di Inggris bersama Kiss dan Iron Maiden.

Pada akhir tahun 1988 sang gitaris Kai Hansen memutuskan meninggalkan Helloween karena merasa tidak sanggup dengan jadwal tour yang terlalu padat.
Ditahun 1989 helloween merekrut mantan gitaris Rampage Roland Grapow dan mereka pun tampil bersama Anthrax dan Exodus dalam Tour Headbanger Ball yang kedua di Amerika.Mereka juga merilis dua buah Best Album 'The Best The Rest The Rare' dan 'The Pumkins Tracks'.Mereka juga merilis live album dari tour eropa-nya 'Pumkins Fly Free',di Jepang album ini dikenal dengan nama 'Keepers live',sedangkan di Amerika album ini disebut sebagai 'I Want Out Live', dan di belahan bumi lainnya, album ini dikenal sebagai 'Live in The UK'.

Pada tahun 1991 Helloween merilis album 'Kids Of The Century'.Selanjutnya Helloween merilis album berikutnya yaitu 'Pink Bubbles Go Ape'.

Ketegangan yang mulai muncul diantara para anggota band membuat mereka harus memutuskan ke arah mana mereka harus membawa musik mereka.Ditengah ketegangan para personelnya, mereka merilis album 'Chameleon' pada tahun 1993, album ini bisa dikatakan sebagai titik terendah dalam karir Helloween.Mereka pun tetap mengadakan Chameleon Tour walaupun kondisi band pada saat itu sedang mengalami puncak ketegangan, bahkan sang drumer Ingo Schwichtenberg mengalami masalah psikologis yang berat dan tidak dapat melanjutkan Tour.Setelah menyelesaikan tournya, pihak rekording EMI akhirnya memutuskan kontraknya bersama Helloween, Michael Kiske pun dipecat dari Band.

Di akhir 1993, mantan vokalis Pink Cream 69 Andi Deris bergabung bersama Helloween,helloween juga mendapat seorang drumer baru yaitu Uli Kusch mantan drummer Gamma Ray (band baru Kai Hansen).Dan formasi baru Helloween pun telah lahir.Album mereka berikutnya yaitu Master of Rings disebut-sebut sebagai album terbaik kembalinya Helloween.Satu tahun berikutnya album ini mulai dirilis di Amerika utara. Sebuah tragedi pun mengejutkan Helloween saat mantan Ingo Schwichtenberg memutuskan untuk melakukan bunuh diri pada tahun 1995.

Helloween kembali ke studio rekaman dan merilis album berikutnya 'Time Of The Oath' pada tahun 1996 yang oleh media dijuluki sebagai best album setelah era 'Keeper'. Album ini mendapat anugrah Platinum di seluruh dunia. Mereka pun kembali menduduki puncak kejayaan.Mereka juga merilis double live album berjudul 'High Live' dan mendapat penghargaan sebagai band terbaik oleh majalah musik Jepang Buurn tahun 1996.

Saat mereka menyiapkan materi untuk album berikutnya,Andi Deris merilis album single pertamanya berjudul 'Come In From The Rain', Roland Grapow juga merilis album solo pertamanya yaitu 'The Four Season of Life'.
Pada tahun 1998 Helloween merilis album terbarunya yaitu 'Better Than Raw', album 'Metal Jukebox' kemudian dirilis pada tahun berikutnya 1999.Album berikutnya 'The Dark Ride' yang diproduseri oleh Roy Z dan Charlie Bauerfeind dirilis segera setelahnya. Album ini menjadi album yang penjualannya terburuk dalam sejarah Helloween dengan karakter musik dan sound yang berbeda dari album-album sebelumnya. Album ini juga mengundang reaksi dari para penggemarnya, mulai dari suka dengan style baru yang mereka bawa, dan sebagian besar lainnya menginginkan Helloween tetap seperti sebelumnya. Konflik kembali terjadi dalam tubuh Helloween hingga mereka terpaksa memecat gitaris Roland Grapow dan drumer Uli Kusch.

Lalu mereka merekrut mantan drumer metalium Mark Cross dan mantan gitaris Freedom Call Sascha Gerstner.Pada tahun 2003 mereka kembali malakukan rekaman untuk album selanjutnya,tetapi karena suatu penyakit drumer Mark Cross tidak dapat melanjutkan proses rekaman dan hanya mengisi untuk dua lagu,kemudian ia pun terpaksa keluar dari band,drumer Motorhead Mikkey Dee diminta untuk mengisi kekosongan pada posisi drum untuk menyelesaikan proses rekaman studio mereka.Album mereka yang berjudul 'Rabbit Dont Come Easy' pun dirilis dan Stefan Schwarzmann dipanggil untuk mengisi posisi drum selama tour mereka.Setelah tour usai,Stefan Schwarzmann memutuskan untuk keluar dari Helloween tapi ia masih membantu Helloween pada proses pra produksi untuk album mereka berikutnya hingga Helloween memperoleh drumer baru. Mantan drumer Rawhead Rexx Dani Loeble bergabung dengan Helloween menggantikan Stefan. Mereka pun mulai merekam kelanjutan dari album Rabbit Don't Come Easy.

Pada 31 Oktober 2005 Helloween merilis album yang merupakan lanjutan dari album legendaris mereka 'The Keeper' album mereka berjudul 'Keeper of The Seven Keys - The Legacy'.Mereka pun meluncurkan double live DVD dan double live CD. Untuk memperingati kesuksesan mereka dalam dua tahun terakhirnya, Helloween merilis double Live CD berjudul "Keeper Of The Seven Keys - The Legacy World Tour 2005/2006 - Live In Sao Paulo" dan double live DVD berjudul "Keeper Of The Seven Keys - The Legacy World Tour 2005/2006 - Live On 3 Continents". Kini dengan album terbarunya "Gambling With The Devil" Helloween kembali memanjakan para penggemarnya di seluruh dunia.


Formasi Helloween


1984-1986
Kai Hansen – Vocals, Guitar
Michael Weikath – Guitar, Backing vocals
Markus Grosskopf – Bass, Backing vocals
Ingo Schwichtenberg – Drums


1986-1989
Michael Kiske – Vocals
Michael Weikath — Guitar, backing vocals
Kai Hansen — Guitar, backing vocals
Markus Grosskopf — Bass, backing vocals
Ingo Schwichtenberg – Drums


1989-1993
Michael Kiske — Vocals
Michael Weikath — Guitar, backing vocals
Roland Grapow – Guitar, backing vocals
Markus Grosskopf — Bass, backing vocals
Ingo Schwichtenberg — Drums


2002
Andi Deris — Vocals
Michael Weikath — Guitars, Backing vocals
Sascha Gerstner — Guitars, Backing vocals
Markus Grosskopf — Bass, Backing vocals
Mark Cross – Drums


2003
Andi Deris — Vocals
Michael Weikath — Guitars, Backing vocals
Sascha Gerstner — Guitars, Backing vocals
Markus Grosskopf — Bass, Backing vocals
Mikkey Dee – Drums


2003-2005
Andi Deris — Vocals
Michael Weikath — Guitars, Backing vocals
Sascha Gerstner — Guitars, Backing vocals
Markus Grosskopf – Bass, Backing vocals
Stefan Schwarzmann – Drums


2005-Sekarang
Andi Deris – Vocals
Michael Weikath – Guitar, Backing vocals
Sascha Gerstner – Guitar, Backing vocals
Markus Grosskopf – Bass, Backing vocals
Daniel Löble – Drums

Followers