The Yardbirds


The Yardbirds berawal dari band Metropolitan Blues Quartet yang dibentuk tahun 1962–1963 di Sekolah Seni Kingston,pinggiran kota London,Inggris.Mereka memainkan musik berirama blues dan rock eksperimental.Anggotanya terinspirasi setelah menonton konser The Rolling Stones di Hotel Station, Richmond, awal tahun 1963.

The Yardbirds terdiri dari vokalis/pemain harmonika Keith Relf,pemain drum Jim McCarty,pemain gitar/bass Chris Dreja, dan produser sekaligus pemain bass Paul Samwell-Smith.

Awalnya mereka menjadi band pengiring bagi Cyril Davies.Pada bulan September 1963, mereka bermain di hadapan penggemar rhythm and blues Inggris,tepatnya di Crawdaddy Club, Richmond.Repertoar mereka adalah lagu-lagu berirama Chicago blues milik Howlin' Wolf,Muddy Waters,Bo Diddley,Sonny Boy Williamson II,dan Elmore James.

Pada bulan Oktober 1963,Anthony "Top" Topham,sang gitaris dari The Yardbird ini digantikan oleh Eric Clapton yang waktu itu masih mahasiswa.Pemilik Crawdaddy Club,Giorgio Gomelsky segera menawarkan diri untuk menjadi manajer sekaligus produser pertama mereka.Bersama Gomelsky,Yardbirds berhasil mendapat kontrak dari label Columbia EMI pada bulan Februari 1964.Album pertama mereka adalah album konser Five Live Yardbirds yang direkam di Marquee Club,London.Musisi blues legendaris Sonny Boy Williamson II mengajak mereka untuk menemaninya konser keliling di Inggris dan Jerman.

Pada bulan Oktober 1968,keempat anggota Yardbirds: Jimmy Page,Robert Plant,John Paul Jones,dan John Bonham sepakat untuk mendirikan Led Zeppelin.

John Idan: gitar bass, vokalis utama (1992-sekarang)
Ben King: lead guitar (2005-sekarang)
Chris Dreja: rhythm guitar, vokal latar (1963-1968, 1992-sekarang)
Billy Boy Miskimmin: harmonika, perkusi (2003-sekarang)
Jim McCarty: drum, vokal latar (1963-1968, 1992-sekarang)

wikipedia

Followers